Gambar: kenalsapa


Istilah backlink mungkin masih kurang familiar. Apa yang membedakan backlink dari jenis-jenis link lainnya? Mengapa istilah backlink sering muncul di pembahasan SEO (Search Engine Optimization)?

Backlink adalah sebuah link yang dipasang pada suatu blog/website yang mengarah ke halaman blog/website Anda. Kegiatan membangun backlink disebut juga link building. Terdapat juga istilah external link dan inbound link.

Jadi ada pemberi backlink dan penerima backlink. Anda adalah pemberi backlink ketika meletakkan link website atau blog orang lain di website Anda. Penerima backlink adalah website yang mendapatkan link dari pemberi backlink.

Cukup sederhana, bukan? Meskipun terlihat sederhana, backlink juga memegang peranan penting dalam kesuksesan website atau blog Anda.


Mengapa Backlink itu penting?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa backlink itu penting:


Google Menemukan Website Anda Melalui Backlink

Penjelasan termudah di balik pertanyaan “Mengapa backlink penting?” adalah itulah cara Google menemukan halaman baru untuk ditampilkan di hasil pencariannya. Mesin pencari Google akan selalu melakukan crawling untuk menemukan halaman yang paling relevan dengan kata kunci tertentu.


Backlink Berguna untuk Menjaga Reputasi di Google

Bagaimana Google menilai sebuah halaman website populer atau tidak? Ya, benar. Google menggunakan backlink sebagai indikator popularitas sebuah halaman website. Semakin banyak backlink berkualitas mengarah ke website Anda, semakin baik reputasi website Anda di penilaian Google.


Backlink Relevan Meningkatkan Kredibilitas Website

Google tidak hanya menilai backlink dari kuantitasnya saja. Google juga menilai backlink di website Anda berdasarkan relevansinya. 

Apa yang dimaksud dengan backlink yang relevan? Backlink yang relevan adalah backlink yang didapatkan dari website atau blog dari niche yang relevan. Misalnya, sebuah perusahaan smartphone dikatakan memiliki backlink relevan ketika mereka mendapatkan backlink dari website atau blog yang niche-nya adalah teknologi. Dengan begitu perusahaan smartphone tersebut bisa dianggap kredibel oleh Google.


Backlink Mendatangkan Trafik ke Website

Semakin banyak backlink berkualitas yang didapatkan, semakin bagus juga penilaian Google terhadap website Anda. Kemudian halaman website Anda bisa mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian.

Selain trafik yang Anda dapatkan dari hasil pencarian Google, backlink juga mendatangkan trafik dari link yang ditanam di website pemberi backlink. 

Sumber: Niagahoster Blog 

(Ini adalah salah satu contoh Backlink)


Apabila Anda ingin meningkatkan kredibilitas website, dan ingin mendatangkan trafik ke Website Anda melalui Backlink Project.

Silahkan menghubungi saya melalui email: [email protected] atau langsung menghubungi via WA (terletak dipojok kiri bawah / Get Button, kemudian klik tombol WA)

Untuk syarat-syarat pemasangan link, silahkan baca disini : Backlink Project | Bangun Kredibilitas Website Anda Dari Sekarang

Saya siap membantu Anda. Terimakasih