Cara Daftar Kompetisi BPJS Kesehatan Hackathon 2021

Demi mendorong inovasi Teknologi Informasi (TI) di Bidang Kesehatan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kembali menyelenggarakan Kompetisi BPJS Kesehatan Hackathon 2021. Tahun ini, tema yang diangkat adalah "Keep Healthy, Keep Data Secure, Keep Growing in Pandemic with Innovation and Collaboration".

Dengan mengusung tema tersebut, kompetisi ini diharapkan mampu mendorong penguatan engagement melalui kolaborasi dan inovasi, serta menghadirkan ide-ide baru dan memberi solusi terhadap simplifikasi serta kemudahan bagi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di era Pandemi Covid-19.

Selain itu, kompetisi ini diharapkan mampu mendorong keterlibatan dari berbagai unsur masyarakat untuk bersama-sama berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pelayanan peserta JKN-KIS melalui kolaborasi dan inovasi.


Apa itu BPJS Kesehatan Hackathon ?

Inovasi Teknologi Informasi (TI) BPJS di Bidang Kesehatan

Hackathon BPJS Kesehatan merupakan sebuah acara yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan Republik Indonesia sejak beberapa tahun terakhir (ini adalah tahun ke-4 BPJS menyelenggarakan Hackathon).

”Hackathon merupakan program marathon - kompetisi pemrograman yang diikuti oleh para Programmer, Developer, Designer atau para ahli IT yang berkolaborasi (dalam waktu tertentu) untuk membangun, menciptakan, atau mengembangkan sebuah proyek perangkat lunak”.

Kompetisi ini merupakan salah satu ajang kolaborasi BPJS Kesehatan dengan seluruh masyarakat Indonesia dalam menemukan ide, kreatifitas, dan inovasi terbaik untuk meningkatkan pelayanan kepada lebih dari 200 Juta peserta BPJS Kesehatan.

3 Pilihan Kategori Yang Dapat Diikuti:

Berikut 3 pilihan kategori yang dapat dipilih, yaitu: Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), dan Penetration Testing (Pentest). Setiap kategori dapat dipilih sesuai passion atau skill yang dikuasai.

Pemilihan kategori tersebut, tentu bukan tanpa alasan. Sebab, pada tahun ke-8 penyelenggaraan program JKN-KIS, BPJS Kesehatan memiliki dan mengolah data yang sangat besar. Begitu juga dengan sistem informasi yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan saat ini cukup kompleks dan unik.

Inilah 3 Kategori BPJS Kesehatan Hackathon Yang Dapat Dipilih

Artificial Intelligence (AI)

Inovasi untuk menciptakan suatu model Artificial Intelligence dengan menggunakan data yang telah disediakan, peserta yang memiliki akurasi model terbaik akan berpeluang memenangkan kompetisi ini.

Internet of Things (IoT)

Inovasi Teknologi berbasis IoT. Peserta diberikan kebebasan dalam menentukan ide dalam pengembangan teknologi berbasis IoT untuk memberikan solusi peningkatan pelayanan kepada peserta BPJS Kesehatan.

Penetration Testing (Pentest)

Peserta diajak untuk menemukan celah keamanan menggunakan metode hacking pada sebuah sistem yang telah disediakan. Beradu cepat dan lebih banyak menemukan celah keamanan sistem untuk memenangkan kompetisi.

Mengapa BPJS Hackathon Ini Wajib Kamu Ikuti ?

Pertama: tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi saat ini memberikan dampak yang sangat besar terhadap laju perkembangan sistem informasi. Dengan sejumlah data yang kompleks, hal ini menjadi tantangan bagi BPJS Kesehatan untuk terus mengembangkan teknologi informasi dalam pengelolaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Sehingga, kontribusimu akan sangat membantu BPJS untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat di Bidang Kesehatan.

Kedua: Hackathon adalah ajang yang sangat bermanfaat bagi Programmer maupun Developer, dimana kamu akan menghabiskan waktu 24 jam hingga seminggu (tergantung batas waktu) untuk dapat menciptakan, membangun, dan mengembangkan suatu produk digital.

√ Rekomendasi Jasa Rekber Terpercaya 2021

Ketiga: Hackathon biasanya menjadi wadah tempat berkumpulnya para Programmer, Software Developer, dan Designer. Disana kamu bisa bertemu orang baru, membangun kolaborasi yang kuat antar individu dan kelompok, menambah nilai plus CV kamu, mampu berinovasi, momentum untuk Employer Branding, dan tentu ada kepuasan pribadi saat kamu dapat menciptakan hal-hal baru dan mendapatkan feedback positif atas hasil yang telah dicapai.

Itulah beberapa alasan yang wajib kamu ketahui, mengapa Kompetisi ini sangat penting untuk diikuti.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Hackathon 2021

√ Pendaftaran dibuka tanggal 26 Agustus s/d 8 September 2021.

√ Untuk melakukan Pendaftaran / Registrasi, kamu dapat mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan Hackathon 2021 (Klik Disini).

√ Baca Syarat dan Ketentuan, alur dan waktu kegiatan, dan FAQ's di situs BPJS Kesehatan Hackathon 2021.

√ Follow Instagram @hackathon.bpjs_kesehatan dan @bpjskesehatan_ri agar kamu tidak ketinggalan informasi terbaru seputar kompetisi ini.

√ Peserta BPJS Hackathon 2021 terbuka untuk umum, kecuali pegawai BPJS Kesehatan. Para Cybersecurity, Developer, Data Scientist, Praktisi IT, Pekerja, Mahasiswa, Pelajar, maupun masyarakat umum tanpa batasan usia dapat mendaftar dan mengikuti kompetisi ini.

Syarat utamanya hanya satu, harus memiliki ID BPJS yang masih aktif.

Total Hadiah

Total Hadiah Kompetisi Sebesar 420 Juta

Total hadiah pada kompetisi ini sebesar 240 Juta untuk 12 Pemenang. Masing-masing peserta atau kelompok (tim) di masing-masing kategori (AI, IoT, Pentest), akan mendapatkan uang tunai sebesar :

Juara 1 = Rp. 35.000.000,-

Juara 2 = Rp. 25.000.000,-

Juara 3 = Rp. 15.000.000,-

Juara Favorit = Rp. 5.000.000,-

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengikuti kompetisi ini? Jika iya, langsung saja kunjungi website BPJS Kesehatan Hackathon 2021.

Pendaftaran masih dibuka sampai tanggal 8 September. Ayo siapkan diri kamu dan tim terbaikmu untuk ikut berkontribusi dalam kompetisi ini.

Jangan lupa, tulis komentar dibawah ya.. Apa saja yang menjadi harapanmu untuk BPJS Kesehatan kedepannya terutama Inovasi Teknologi Informasi di Bidang Kesehatan? Salam sehat semuanya.